Nasional

Pentingnya Mendeteksi Bahaya Hoax, IMM Menggelar Dialog Publik

Suaramaspul.com, Makassar – Koordinator Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Hasanuddin (Koorkom IMM Unhas) bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Makassar Timur (PC. IMM Maktim) menggelar Dialog Publik sekaligus Launching Sekolah Pergerkan dengan tema : “Gerakan dan Prilaku Pengguna Media Sosial dalam Tahun Politik 2019” yang berlangsung di Cafee Rimba Corner (10/04/2019).

Muabbir selaku Ketua Koorkom IMM Unhas mengungkapkan bahwasanya kegiatan ini dilaksanakan dibawah pengawalan oleh Koorkom IMM Unhas itu sendiri bersama dengan para kakanda Pimpinan yang ada di PC IMM Maktim.

“juga suatu kesyukuran tersendiri bagi kita semua karena kegiatan ini telah “sah” kita launching yang dimana merupakan jawaban dari ikhtiar kami selaku kader IMM beberapa waktu yang lalu dan alhamdulillah berhasil menghadirkan para narasumber yang relevan dengan tema yang kita angkat pada dialog kali ini, yakni kakanda Andi Muhammad Ilham (Komisioner KIP Sulsel), kakanda Abd. Haris Zainuddin (sekjen PP Prima DMI), kakanda Akbar Abu Thalib (Akademisi dan Praktisi Media Consulting)”. (jelas Muabbir)

Sebelumnya, Abdussalam Syahih (Ketua Umum PC IMM Maktim) memberikan komentar bahwa spirit dengan launchingnya sekolah pergerakan ini kiranya dapat mewadahi para kader-kader IMM se-Makassar Timur untuk lebih giat lagi dalam menggalakkan Literasi serta mewujudkan pergerakan kader yang lebih terstruktur, terkoidinir serta massif demi terciptanya para alumni yang berkompeten.

“Kegiatan ini juga akan dikonsolidasikan kepada setiap komisariat IMM se-Makassar Timur untuk mengawal serta menjadi pelaku utama dalam menyambut dan menyukseskan progres sekolah pergerakan kedepan nantinya dibawah kordinir langsung oleh koorkom IMM Unhas dan Koorkom IMM UMI berdasarkan area teritorial masing-masing. Sebelum itu maka dalam jangka waktu dekat ini akan diadakan rapat koordinasi kepada setiap pimpinan komisariat se-Makassar Timur untuk membicarakan soal kemana arah gerakan kedepan sekolah Literasi ini, yang tentunya akan didesain secara progresif dan aktual mengikuti perkembangan zaman yang semakin dinamis ”. (jelas salam)

Para hadirin, Andi Muhammad Ilham (Komisioner KIP Sulsel) memaparkan bahwa pemuda khususnya IMM maupun dari Organ yang lain kiranya betul-betul memaksimalkan perannya dalam melakukan pengawasan berkaitan dengan Keterbukaan informasi di era sekarang ini untuk memastikan terpenuhinya hak-hak informasi bagi setiap masyarakat. (Jelasnya)

Abd. Haris Zainuddin (Sekjend PP PRIMA DMI) menambahkan bahwasanya pemuda saat ini harus jelih melihat informasi-informasi yang tengah beredar saat ini karena banyak sekali konten-konten Hoax yang tersebar. Oleh karena itu maka saatnya lah peran pemuda yang dibutuhkan pada kondisi ini yang notabene kaum-kaum terpelajar untuk ikut berpartisiapasi memarangi isu Hoax. (Jelas Haris)

Kemudian, Akbar Abu Thalib (Akademisi dan Praktisi Media Consulting) menyampaikan dimana saat ini banyak sekali konten-konten Hoax yang beredar di Media Sosial, namun untuk mendeteksi semua itu maka diperlukan beberapa tahap dalam mengungkap kebenaran tersebut. Mungkin bisa kita lakukan pertemuan khusus dalam membahas tahapan mendeteksi konten isu hoax atau bukan, dalam program sekolah pergerakan ini kedepan. (Jelas Akbar)

Selain itu, Muslim Haq. M (Ketua Umum Pikom IMM Hukum Unhas 2018-2019) yang baru-baru ini telah demisioner juga hadir menyaksikan launching sekolah pergerakan ini dengan harapan bahwa kita berharap kedepan kader-kader IMM Maktim dapat lebih terwadahi dalam berekspresi di dunia literasi dan punya identitas tersendiri yang kaya akan literasi itu sendiri. (harapnya)

Salah satu peserta dari Koorkom IMM UMI mengaku menyambut baik program ini demi terwujudnya kader-kader IMM Se-Maktim yang bermutu, cerdas dan disegani akan keilmuan yang dimilki dimanapun ia berada. (jelasnya)

Kemudian Abd. Rahim M (Ketua Umum terpilih Pikom IMM Hukum Unhas 2019-2020) sangat senang dengan adanya sekolah pergerakan ini, karena kedepan diawal kepemimpinan pikom hukum ini akan lebih fokus pada kaderisasi dan intelektualitas terhadap kader-kader IMM yang ada di komisariat, khususnya komisariat IMM Hukum Unhas. Kita berharap dengan adanya wadah ini, para kader-kader IMM se-Maktim untuk memanfaatkan sebaik mungkin dalam memperkaya khasanah keilmuan (tutupnya).

Kegiatan ini berjalan dengan lancar yang diahdiri langsung oleh berbagai lintas organ baik dari OKP maupun di luar dari OKP itu sendiri, antara lain: HMI MPO Cabang Makassar, IMM Gowa, Gema Pembebasan Unhas, Organda, BEM Se-Unhas dan kader-kader IMM se-Makassar Timur yang sempat hadir.

Comment here